Pesawat Udara adalah setiap mesin atau alat yang dapat terbang di atmosfer karena gaya angkat dari reaksi udara, tetapi bukan karena reaksi udara terhadap permukaan bumi yang digunakan untuk penerbangan. Pesawat udara mencakup pesawat terbang atau pesawat bersayap tetap dan helikopter atau diartikan pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap putar yang rotornya digerakkan oleh mesin.
Ketika naik pesawat, pernahkah Anda menerka-nerka berapa usia pesawat yang Anda tumpangi? Nyatanya tidak semua informasi tentang pesawat yang membawa banyak nyawa bisa kita ketahui. Ada beberapa aspek tentang pesawat terbang yang maskapai penerbangan tidak akan memberitahukannya kepada para penumpang mereka.
Berikut ada 8 hal tentang pesawat yang sebaiknya Anda ketahui. Seperti melansir heraldsuntravel.
1. Usia tua
Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa umur pesawat Anda dan sudah berapa lama ia mengudara sampai dengan Anda naiki? Menurut para ahli Airfare Watchdog, langit penuh dengan para 'pemain' tua, termasuk Boeing 717s dan versi awal dari 757, 767 dan 737. Bahkan sebelum 757 sudah tidak lagi diproduksi, Anda bisa saja terbang pada pesawat yang berusia 26 tahun.
2. Bahan bakar kurang
Beberapa pilot mengaku sangat tertekan ketika harus terbang dengan bahan bakar yang kurang karena perusahaan ingin memotong biaya operasional. "Saya terus-menerus berada di bawah tekanan ketika membawa bahan bakar kurang. Kadang-kadang jika Anda membawa bahan bakar yang hanya cukup dan Anda berhadapan dengan badai atau penundaan, kemudian tiba-tiba Anda kehabisan gas maka Anda harus pergi ke bandara alternatif," kata seorang kapten di sebuah perusahaan penerbangan besar kepada Readers Digest tanpa mau disebutkan namanya.
3. Bertabrakan dengan burung
Pesawat bertabrakan dengan burung secara teratur. Meskipun ada beberapa kasus yang ekstrim, sebagian besar Anda bahkan tidak akan menyadarinya. Laporan perjalanan Skycanner, tabrakan dengan burung paling berisiko terjadi ketika pesawat hendak lepas landas dan mendarat. Sementara ketika sudah di ketinggian ini jarang terjadi karena ketinggian pesawat lebih tinggi daripada kebanyakan burung.
4. Pilot membawa pistol
Apakah Anda tahu bahwa pilot AS diperbolehkan membawa senjata di kokpit? Pada 2012 pilot US Airways menggunakan senjatannya ketika mendarat di Charlotte, North Carolina. Ini adalah pertama kalinya pistol ditembakkan di dalam pesawat di bawah program 9/11 untuk memberikan kru perlindungan terhadap teroris dan serangan lainnya. Mike Boyd, pemilik perusahaan konsultan penerbangan The Boyd Grup, di Colorado mengatakan kepada CBS News, pada saat itu adalah situasi yang berbahaya. "Jika peluru melewati jendela, pesawat bisa jatuh."
5. Mesin gagal
Mesin gagal? Ini bukan masalah besar. Bahkan Anda mungkin tidak akan tahu. Pilot tidak akan selalu memberitahu Anda tentang hal itu karena pesawat telah dirancang untuk terbang dengan aman jika mesin gagal. Menurut Boeing, pesawat komersial jet kembar telah dirancang untuk terbang pada satu mesin untuk waktu lama dan jika kemungkinan kedua mesin gagal.
Bagaimana dengan A380 jumbo? Ini juga bukan masalah, karena aman bisa terbang dengan hanya dua dari empat mesin yang bekerja. Pada akhirnya para kru sering tidak mengungkapkan situasi ini untuk menghindari panik penumpang.
"Ada seni untuk mengungkapkan apa yang terjadi tanpa memberikan TMI (too much information)," kata pilot Eric Auxier, pilot sebuah perusahaan penerbangan besar sejak 1990. Yang terpenting adalah menyampaikan pesan yang meyakinkan dan tetap tenang bahwa mekanik di pesawat akan memperbaiki sebaik-baiknya gangguan yang sedang terjadi.
6. Ruang Kokpit steril?
Seberapa aman kokpit ? Setelah peristiwa 9/11 aturan baru yang ketat dikeluarkan oleh FAA yang mengumumkan semua pintu kokpit harus diperkuat dan dilengkapi perangkat pengunci intern. Tapi laporan Licensed Aircraft Engineers Association Australia menemukan kunci kokpit bisa dibuka dengan stik es krim atau boarding pass yang digulung?
Resolusi lain adalah untuk menginstal pintu masuk ganda untuk kokpit, tapi The New York Times melaporkan bahwa beberapa maskapai menghapus pintu-pintu ini untuk menghemat anggaran. Pilot sama seperti manusia lainnya, perlu istirahat, ke toilet, makan dan juga mengantuk, maka tak terelakkan bahwa pintu kokpit terbuka dalam penerbangan. Salah satu analis penerbangan memperkirakan bahwa pintu kokpit dibuka rata-rata sekitar delapan kali selama penerbangan.
Sementara pramugari yang seharusnya berjaga-jaga setiap kali seseorang masuk atau keluar kokpit, kenyataannya mereka juga sering sibuk mengatur lainnya.
7. Rompi pelindung hilang
Anda harus memeriksa apakah rompi pelindung di kursi Anda benar-benar ada. Dalam teori itu seharusnya ada, tetapi Anda harus selalu memeriksa sebelum lepas landas. Mengapa? Menurut situs perjalanan AirfareWatchdog.com, rompi adalah suvenir yang populer bagi wisatawan .
8. Kru pesawat mengantuk dan lelah
Kru pesawat yang Anda percaya bisa sangat dalam kondisi tidak fit dan mengantuk. Mereka sering bekerja dengan jam kerja sangat panjang melalui beberapa zona waktu, yang bahkan sangat ekstrim perbedaanya. Jadi tidak mengherankan kalau kru juga merasakan kantuk dan lelah. Ingat bahwa beberapa bahkan bekerja sampai 16 jam sehari.
The British Association Airline Pilots (BALPA), organisasi yang mewakili tiga perempat pilot di Inggris, telah memperingatkan bahwa pilot tidur dengan keteraturan sangat mengkhawatirkan. Studi oleh BALPA September lalu menemukan, lebih dari setengah pilot tertidur di kokpit pesawat penumpang. Mengkhawatirkan, satu dari enam pilot komersial terbangun dan juga menemukan co-pilot mereka tertidur juga
Sumber : http://mukainternet.blogspot.com/2012/07/serba-serbi-tentang-blackbox-di-pesawat.html
Ketika naik pesawat, pernahkah Anda menerka-nerka berapa usia pesawat yang Anda tumpangi? Nyatanya tidak semua informasi tentang pesawat yang membawa banyak nyawa bisa kita ketahui. Ada beberapa aspek tentang pesawat terbang yang maskapai penerbangan tidak akan memberitahukannya kepada para penumpang mereka.
Berikut ada 8 hal tentang pesawat yang sebaiknya Anda ketahui. Seperti melansir heraldsuntravel.
1. Usia tua
Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa umur pesawat Anda dan sudah berapa lama ia mengudara sampai dengan Anda naiki? Menurut para ahli Airfare Watchdog, langit penuh dengan para 'pemain' tua, termasuk Boeing 717s dan versi awal dari 757, 767 dan 737. Bahkan sebelum 757 sudah tidak lagi diproduksi, Anda bisa saja terbang pada pesawat yang berusia 26 tahun.
2. Bahan bakar kurang
Beberapa pilot mengaku sangat tertekan ketika harus terbang dengan bahan bakar yang kurang karena perusahaan ingin memotong biaya operasional. "Saya terus-menerus berada di bawah tekanan ketika membawa bahan bakar kurang. Kadang-kadang jika Anda membawa bahan bakar yang hanya cukup dan Anda berhadapan dengan badai atau penundaan, kemudian tiba-tiba Anda kehabisan gas maka Anda harus pergi ke bandara alternatif," kata seorang kapten di sebuah perusahaan penerbangan besar kepada Readers Digest tanpa mau disebutkan namanya.
3. Bertabrakan dengan burung
Pesawat bertabrakan dengan burung secara teratur. Meskipun ada beberapa kasus yang ekstrim, sebagian besar Anda bahkan tidak akan menyadarinya. Laporan perjalanan Skycanner, tabrakan dengan burung paling berisiko terjadi ketika pesawat hendak lepas landas dan mendarat. Sementara ketika sudah di ketinggian ini jarang terjadi karena ketinggian pesawat lebih tinggi daripada kebanyakan burung.
4. Pilot membawa pistol
Apakah Anda tahu bahwa pilot AS diperbolehkan membawa senjata di kokpit? Pada 2012 pilot US Airways menggunakan senjatannya ketika mendarat di Charlotte, North Carolina. Ini adalah pertama kalinya pistol ditembakkan di dalam pesawat di bawah program 9/11 untuk memberikan kru perlindungan terhadap teroris dan serangan lainnya. Mike Boyd, pemilik perusahaan konsultan penerbangan The Boyd Grup, di Colorado mengatakan kepada CBS News, pada saat itu adalah situasi yang berbahaya. "Jika peluru melewati jendela, pesawat bisa jatuh."
5. Mesin gagal
Mesin gagal? Ini bukan masalah besar. Bahkan Anda mungkin tidak akan tahu. Pilot tidak akan selalu memberitahu Anda tentang hal itu karena pesawat telah dirancang untuk terbang dengan aman jika mesin gagal. Menurut Boeing, pesawat komersial jet kembar telah dirancang untuk terbang pada satu mesin untuk waktu lama dan jika kemungkinan kedua mesin gagal.
Bagaimana dengan A380 jumbo? Ini juga bukan masalah, karena aman bisa terbang dengan hanya dua dari empat mesin yang bekerja. Pada akhirnya para kru sering tidak mengungkapkan situasi ini untuk menghindari panik penumpang.
"Ada seni untuk mengungkapkan apa yang terjadi tanpa memberikan TMI (too much information)," kata pilot Eric Auxier, pilot sebuah perusahaan penerbangan besar sejak 1990. Yang terpenting adalah menyampaikan pesan yang meyakinkan dan tetap tenang bahwa mekanik di pesawat akan memperbaiki sebaik-baiknya gangguan yang sedang terjadi.
6. Ruang Kokpit steril?
Seberapa aman kokpit ? Setelah peristiwa 9/11 aturan baru yang ketat dikeluarkan oleh FAA yang mengumumkan semua pintu kokpit harus diperkuat dan dilengkapi perangkat pengunci intern. Tapi laporan Licensed Aircraft Engineers Association Australia menemukan kunci kokpit bisa dibuka dengan stik es krim atau boarding pass yang digulung?
Resolusi lain adalah untuk menginstal pintu masuk ganda untuk kokpit, tapi The New York Times melaporkan bahwa beberapa maskapai menghapus pintu-pintu ini untuk menghemat anggaran. Pilot sama seperti manusia lainnya, perlu istirahat, ke toilet, makan dan juga mengantuk, maka tak terelakkan bahwa pintu kokpit terbuka dalam penerbangan. Salah satu analis penerbangan memperkirakan bahwa pintu kokpit dibuka rata-rata sekitar delapan kali selama penerbangan.
Sementara pramugari yang seharusnya berjaga-jaga setiap kali seseorang masuk atau keluar kokpit, kenyataannya mereka juga sering sibuk mengatur lainnya.
7. Rompi pelindung hilang
Anda harus memeriksa apakah rompi pelindung di kursi Anda benar-benar ada. Dalam teori itu seharusnya ada, tetapi Anda harus selalu memeriksa sebelum lepas landas. Mengapa? Menurut situs perjalanan AirfareWatchdog.com, rompi adalah suvenir yang populer bagi wisatawan .
8. Kru pesawat mengantuk dan lelah
Kru pesawat yang Anda percaya bisa sangat dalam kondisi tidak fit dan mengantuk. Mereka sering bekerja dengan jam kerja sangat panjang melalui beberapa zona waktu, yang bahkan sangat ekstrim perbedaanya. Jadi tidak mengherankan kalau kru juga merasakan kantuk dan lelah. Ingat bahwa beberapa bahkan bekerja sampai 16 jam sehari.
The British Association Airline Pilots (BALPA), organisasi yang mewakili tiga perempat pilot di Inggris, telah memperingatkan bahwa pilot tidur dengan keteraturan sangat mengkhawatirkan. Studi oleh BALPA September lalu menemukan, lebih dari setengah pilot tertidur di kokpit pesawat penumpang. Mengkhawatirkan, satu dari enam pilot komersial terbangun dan juga menemukan co-pilot mereka tertidur juga
Sumber : http://mukainternet.blogspot.com/2012/07/serba-serbi-tentang-blackbox-di-pesawat.html
Categories:
Info